Pengertian Seni Grafis dan Contohnya


Seni grafis merupakan bagian dari cabang seni rupa 2D dan sangat erat penggunaannya dalam ilmu Desain Komunikasi Visual. Seni grafis atau (Graphic) dalam bahasa inggris, memiliki pengertian sebagai upaya menunjukkan kepada khalayak umum bentuk-bentuk, tanda, atau simbol yang menyerupai berbagai objek baik benda hidup atau mati di sekitar kita dalam bentuk cetak dua dimensi. Bidang-bidang grafika sangat erat hubungannya dalam upaya komunikasi visual maupun advertising. 
Berdasarkan teknik cetak, seni grafis dibagi menjadi 4 jenis yaitu;
1.     Cetak dalam (Intaglio print)
2.     Cetak saring (Screen printing)
3.     Cetak tinggi (High printing)
4.     Cetak foto (Image printing/ digital printing)
Cetak Dalam (Intaglio Printing)
Teknik cetak seni grafis yang menggunakan papan atau plat yang telah diberi pola berupa lubang-lubang berbentuk untuk mencetak. Cara menggunakan teknik ini ialah dengan meletakkan papan atau plat berpola di atas kertas atau kain, kemudian dicat tepat di atas pola sehingga terbentuklah pola-pola yang diinginkan di atas kertas/ kain.
Cetak Saring (Screen Printing)
Teknik cetak ini menggunakan kain atau screen yang telah diberi pola dan bahan yang peka terhadap cahaya. Selanjutnya, screen ditutup dengan film lalu disinari. Setelah itu, screen dicuci dan akan terbentuk cetakan berlubang (saring) sesuai dengan filmnya. Untuk membuat cetakan dengan teknik ini, diperlukan perlengkapan dan alat berupa kain, cat sablon, ulani, cromatine, dan film. Saat proses mencetak, media kain ditutupi dengan screen lalu dituangkan cat di atasnya.
Cetak Tinggi (High Printing)
Teknik cetak ini menggunakan cetakan dari hasil cungkilan atau pola timbul berupa kayu, besi, atau karet. Bentuk tinggi rendah (relief) pada permukaan cetakan kemudian dilumuri tinta atau cat, lalu ditempel pada permukaan kertas sehingga timbul pola bentuk sesuai cetakan. Teknik cetak jenis ini contohnya adalah pada stempel/ cap, mesin tik, atau mesin cetak manual.
Cetak Foto (Image Printing/ Digital Printing)
Teknik cetak jenis ini pada seni grafis merupakan jenis cetak modern dan sangat populer karena memerlukan peralatan cetak elektronik seperti printer, kamera dan komputer. Teknik  cetak ini biasa digunakan untuk mencetak foto, spanduk, brosur, poster, x-banner, dll.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Rupa Yunani Kuno dan Romawi Sebagai Penanda Kebangkitan Peradaban Seni Barat

Makna Konotatif

Mengenal Semiotika